INFO

30/random/ticker-posts

Keluarga Timothy : Oti ujian naik kelas

Memasuki bulan Juni dan Juli adalah masa peralihan bagi semua siswa dan mahasiswa di Indonesia. Nah, Oti juga yang sudah menginjak bangku kelas satu Sekolah Dasar akan bersiap-siap untuk berpindah ke kelas 2. Seperti siswa dan siswi lainnya, Oti juga akan menempuh masa ujian sebelum nantinya dinyatakan lulus untuk naik ke kelas 2. Berikut sepenggal kisah Oti menghadapi ujiannya. Semoga ada yang bisa kita ambil sebagai pelajaran.

***

Minggu ini Oti akan memasuki masa ujian kenaikan kelas. Dan sesuai yang dijadwalkan, maka beberapa hari ke depan Oti akan menghadapi soal-soal ujian untuk diselesaikan. Oleh karena itu saat ini Oti tengah sibuk mempersiapkan diri dengan pelajaran-pelajaran yang sudah dia terima selama setahun ini.



"Oti, ngana musti baca-baca ulang samua tu pelajaran yang ibu guru so kase. Kage ada yang so ta lupa akang." nasihat papa sambil asik mengerjakan tugas-tugas kantornya.
"So itu to Oti. Mama so bilang dari tu hari kalo ngana musti simpan deng jaga tu buku-buku tulis. Coba ngana liat itu, ada yang so tarabe, so tacabu depe sampul, so ta itang-itang le..."mama ikut menimpali.
"Iyo kwa ma, pa. Ini no Oti sementara ada ator ulang samua tu buku-buku supaya gampang Oti mo liat ulang dari pelajaran pertama sampe terakhir. Mar Oti bingo.."jawab Oti sambil mengatur buku-bukunya di atas meja belajar.
"Ngana bingo apa Oti. Kalo so lupa ato nintau tu pelajaran, co ba tanya pa mama deng papa."kata mama sambil berjalan ke arah Oti.
"Oti bingo kwa, ini buku satu ini, sapa pe buku kang. Oti rupa nda pernah ada buku bagini no..."seru Oti sambil membolak-balik halaman sebuah buku.
"No coba dang baca apa tu da tulis di buku itu. Ngana kan so tahu ba baca to?"balas papa, yang perhatiannya juga mulai beralih ke Oti.

Oti terdiam sejenak sambil coba membaca tulisan-tulisan yang ada di buku itu. Oti memang sudah bisa membaca, tapi dengan bentuk tulisan yang penuh variasi seperti itu, Oti agak kesulitan. Tulisannya memang beda dengan yang diajarkan gurunya di sekolah.

"Di sini ada ta tulis : Maret dua nol satu tiga. Beras 25 Ka Ge, Gula 2 Ka Ge, Sabong cuci 1 Ka Ge, Kopi, Daong Te,...."mulailah si Oti membaca
"Hei.... itu mama pe catatan belanja.... ternyata ada pa oti pe buku-buku kang. So lama mama ada cari-cari tu buku..."teriak mama sambil menjemput buku andalannya.
"Hehehe... pantas katu Oti nda dapa baca. Mama pe tulisan ternyata tagulung-gulung kang...."ledek Oti sambil ketawa

Semua pada ikut tertawa.

"Papa.... Mama... kong Oti mo belajar apa dang ini for ulangan?"teriak Oti ketika suasana sudah tenang kembali.
"Ya pelajari ulang no itu pelajaran yang ibu guru ada kase di kelas."jawab mama.
"Ibu guru cuma jaga suruh ba tulis dang ba hitung. Tu laeng cuma tulis ratusan, puluhan, satuan, kong kase baku kurang atau baku tambah."Oti kedengaran agak kesal.
"Masak cuma itu tu ibu guru ada kase ajar pa ngoni?"tanya papa penasaran.
"Iyo pa. Mar masak cuma itu tu mo ujian akang? kalo cuma itu, nanti lia jo dang apa tu ibu mo suruh tulis baru Oti tulis no."sahut Oti.
"Eh Oti, mana dang tu lembar soal yang ibu guru ada kase. Kan itu contoh soal ulangan. Belajar jo di situ, sapa tahu ada pertanyaan yang mo kaluar ulang..." Mama coba kasih petunjuk buat Oti.
"Oh iyo kote..." jawab Oti singkat sambil mulai mencari-cari dalam tas sekolahnya. "Napa dang tu kertas soal Ma..."
"Coba kase liat pa Papa. Nanti Papa lia pa ngana mo belajar...." lanjut Mama.
"Mana ti... co Papa lia." akhirnya Papa mulai menunjukkan perhatian. "Ha... ini dang kote ada... coba ngana jawab jo tu soal-soal yang ada di situ. Kalo so kelar, kase lia pa Papa. Nanti Papa mo koreksi kalo ada salah."
"Apa tu koreksi so pa? Papa mo hapus yang salah-salah jawab?" tanya Oti dengan penasaran.
"Maksudnya... Papa mo bantu jelaskan itu pertanyaan yang Oti jawab salah supaya tahu no depe jawaban yang benar..." jelas Papa dengan lembut.
"Oke dang. Mantap!" seru Oti sambil mengangkat jari jempol.

Oti pun mulai menjawab pertanyaan-pertanyaan yang ada di lembaran kertas itu. Wajahnya kelihatan serius dan sangat tegang. Papa dan Mama hanya menyaksikannya sambil senyum-senyum sendiri.

"Gampang kote ni pertanyaan-pertanyaan. Keceng... nanti Papa lia ne Oti pe jawaban.... kong kase tanda seratus ne Pa kalo betul semua. Rupa tu ibu guru jaga kase tanda no di kelas." Oti berkomentar ringan sambil tetap mengerjakan tugasnya.
"Sudah... beking jo dulu. Kalo betul semua, bukan cuma mo dapa tanda seratus. Papa kase doi sepuluh ribu le kalo memang bagitu...." jawab Papa sambil menahan tawa. Papa jadi ikut memberikan semangat buat Oti.

Kira-kira 1 jam kemudian Oti berhasil menyelesaikan semua soal yang ada. Dia kelihatan senang dan bangga dengan hasil kerjaannya. Sambil merapikan pensil dan penghapus, Oti mulai bersiap menghadap papanya.

"Pa, Oti so kelar beking samua. Pe gampang sekali kwa. Cuma lama karena ni pertanyaan pe banyak." ujar Oti ke Papa.
"Mana papa mo lia..." sahut Papa sambil merapikan meja kerjanya.

Papa pun mulai memeriksa hasil pekerjaan Oti.

"Pertama, soal PPKN, ah bagus ini. Oti jawab benar semua....." ujar Papa sambil terus memeriksa.
"Bahasa Indonesia le benar semua mar ada yang Oti salah tulis. Ada takurang satu huruf... nanti Oti tambah ne..." kata Papa sambil menatap Oti.
"Mar depe jawaban nyanda salah to Papa?" sahut Oti cepat.
"Nyanda salah. Cuma kurang satu huruf tu da tulis. Masak mo tulis pasar, Oti tulis cuma pasa. Kurang depe huruf r." jawab Papa.
"Matematika le benar semua. Mar sayang tu batulis angka jaga kase jarak sadiki ne Oti. Napa tu angka 7 deng 4 so baku tempel..." kembali lagi masuk koreksi dari Papa. Membuat Oti makin tegang.

Tapi tiba-tiba Papa tertawa terbahak-bahak dan membuat Mama terkejut. Oti juga bingung....

"Kiapa Papa tatawa. Ada le tu Oti salah tulis...?" tanya Oti penasaran.
"Huahahaha... bukan... Oti.... Hehehe... bukan salah.... hahaha...." jawab Papa sambil masih tertawa.
"Apa so itu Pa? kiapa do sampe tatawa bagitu rupa....?" sekarang Mama juga ikut penasaran.
"Hahahaha.... coba kwa mama lia ni Oti pe jawaban...." kata Papa tapi masih tetap tertawa terbahak-bahak dan sambil memperlihatkan lembar soal ke Mama.
"haah.... Hahahahaha.... Hehehehe..." Mama ikut tertawa geli setelah melihat jawaban yang Papa maksud.
"Mama... Papa.... kase tahu dang pa Oti apa tu salah pa Oti pe jawaban." teriak Oti karena mulai emosi.

Mama dan papa pun terdiam sejenak. Akhirnya Mama menjelaskan.

"Oti... Mama mo kase tahu ne. Kalo memang Oti nintau depe jawaban, kiapa dang tadi Oti nda ba tanya pa Papa. Rupa ini Oti so asal jawab.... Masak tu pertanyaan, Siapa pencipta lagu Indonesia Raya, Oti ada jawab apa?" kalimat Mama membuat Oti lebih mengerti.
"Tuhan no.... " jawab Oti ringan dan disambut tawa Mama dan Papa
"Oti... betul no Tuhan yang ciptakan tu lagu Indonesia Raya. Mar Tuhan ada kase ajar tu lagu sampe jadi pa tu om yang depe nama W.R. Supratman. Jadi nama pencipta lagu Indonesia Raya itu, W.R. Supratman jawabannya." Papa memberikan penjelasan ke Oti.
"Hiii.... salah-salah. Ibu guru nda pernah kase ajar kwa tu dia... So itu no Oti tulis Tuhan depe jawaban. Kan Mama pernah bilang dulu kalo samua di dunia ini Tuhan yang ciptakan.... Sapa mo pi tahu le pa tu Om Suparman tu dia....." jawab Oti dengan santai.
"huahahahaha...." Mama dan Papa tertawa terbahak-bahak.





Posting Komentar

0 Komentar